Senin, 11 Januari 2016

Tata Ruang Kantor dan Contohnya

Tata ruang kantor adalah pengaturan perabotan, mesin, dan sebaginya didalam ruangan yang tersedia. Sehingga pegawai dapat bekerja dengan nyaman, leluasa, dan bebas untuk bergerak guna mencapai efesiensi kerja.
Tata Ruang Kantor biasanya mencakup 3 unsur, yaitu:
·         Bidang (culture) atau kebiasaan
·         Desain (mencakup estetika, brand, dan citra)
·         Kebutuhan
Tujuan dari penataan ruang kantor adalah sebagai berikut:
1.      Memberikan kemudahan yang optimum bagi arus komunikasi dan arus kerja.
2.      Memerikan kondisi kerja yang baik bagi setiap orang.
3.      Memudahkan pengawasan sehingga manajer dapat melihat staf yang sedang bekerja.
4.      Memberikan kemudahan yang tinggi kepada setiap gerakan karyawan dari meja ke meja.
5.      Menghindarkan diri dari kemungkinan saling menganggu antara karyawan dengan karyawan lainnya.
6.      Mempergunakan segenap ruangan dengan baik.
7.      Memisahkan pekerjaan yang berbunyi keras, gaduh dan menganggu dari pekerjaan yang sunyi.
8.      Terciptanya kesan yang baik tentang organisasi tersebut dari relasi dan tamu yang datang.
9.      Pelaksanaan pekerjaan dapat menempuh jarak yang terpendek.
Salah satu contohnya yaitu pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan):



Otoritas jasa keuangan adalah lembaga pengawasan jasa keuangan seperti Industri perbankan, Pasar modal, Reksadana, Perusahaan pembiayaan, Dana pensiun, dan Asuransi.

       Inilah proses pada saat pegawai bekerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar